Posted by : Blog *ngakak×kocak*^°^ Sunday, November 4, 2018

Pengertian Google Drive
Google drive adalah salah satu layanan yang ditawarkan oleh Google dan merupakan layanan untuk menyimpan dokumen atau file secara gratis maupun berbayar tergantung pada jumlah kapasitas memori penyimpanan itu sendiri.

Kapasitas yang tersedia dalam google drive yang bisa diakses secara gratis adalah 5 GB dan bisa ditambah jika menggunakan layanan yang berbayar. Tidak hanya dapat menyimpan file, google drive juga terhubung dengan fitur google lainnya seperti gmail, google search dan lain sebagainya. Hal ini tentu akan lebih memudahkan user atau pengguna untuk mengakses file dan data yang dimiliki.
Layanan google drive sudah ada sejak tanggal 24 April 2012 dan semakin berkembang hingga saat ini serta memungkinkan pengguna untuk mengetik data, membuat slide presentasi, mengedit gambar dan lain sebagainya. Google drive yang digunakan saat ini adalah ganti dari fitur terdahulu yakni google docs, oleh sebab itu URL yang tadinya digunakan untuk mengakses google docs akan dialihkan secara langsung pada menu atau fitur google drive.
Fungsi Google Drive
Google drive yang saat ini banyak digunakan, memiliki banyak fungsi yang bisa membantu seseorang saat menyimpan data dan melakukan aktifitas lainnya. Berikut ini adalah beberapa fungsi google drive yang bisa diketahui:
1. Menyimpan Data

Fungsi utama dari google drive yang paling menonjol adalah untuk menyimpan file atau dokumen dan pengguna bisa mengaksesnya dimana saja baik dirumah maupun dikantor tentunya dengan terhubung pada koneksi internet.
Google drive bisa diakses melalui drive.google.com dan menyediakan 5GB kapasitas untuk keperluan Anda dan bisa diperbesar dengan membayar sekitar 2,5 USD perbulannya. Data yang bisa disimpan dalam google drive adalah data yang dibuat melalui menu google drive itu sendiri maupun data yang dibuat dengan menggunakan aplikasi lain diluar google drive.
2. Membuat dan mengedit dokumen
Selain berfungsi sebagai tempat penyimpanan, google drive juga memungkinkan pengguna atau user untuk membuat lembar kerja atau spreadsheet baru dan juga mengedit data yang diakses atau dibuat dari aplikasi lainya. Google drive juga memiliki menu untuk membuat slide presentasi yang bisa diakses kapan saja
3. Mengakses fitur google lainnya

Dalam menu atau aplikasi google drive tersedia link atau tautan langsung dengan menu atau fitur google lainnya seperti gmail, google browser, google plus dan lainnya.
Video dan foto yang tersimpan dalam google drive akan secara otomatis tersimpan dalam google plus dan data yang dibuat dalam google drive juga tersimpan secara otomatis tanpa harus menyimpannya secara manual.
Manfaat Menggunakan Google Drive
Fitur google drive yang disediakan oleh google memiliki banyak manfaat bagi para penggunanya sehingga layak untuk digunakan bagi mereka yang memiliki aktifitas dan mobilitas yang tinggi. Manfaat-manfaat yang ditawarkan google drive antara lain :
1. Google drive memungkinkan Anda untuk mengirim file dengan ukuran yang cukup besar dengan kapasitas penyimpan maksimal 5GB atau lebih, langsung melalui gmail tanpa perlu mengakses atau membuka fitur gmail terlebih dahulu. Selain itu, google drive juga mmeungkinkan pengguna untuk menshare foto, video dan dokumen dengan orang lain yang tersimpan dalam kontak.
2. Data yang tersimpan dalam google drive bisa diakses dimanapun dan dengan menggunakan komputer atau device yang berbeda karena file telah tersedia dalam web. Anda juga tidak perlu repot-repot menyimpan data dalam USB dan menggunakannya pada saat presentasi.
3. Tidak hanya tersedia pada web atau komputer saja, google drive bisa diakses melalui smartphone dan smartphone sehingga bisa diakses dengan lebih mudah bahkan saat dalam perjalanan.
4. Google drive tersinkronisasi dengan web browser sehingga pengguna bisa mencari atau melakukan searching pada fitur google drive.
5. Berbagai macam format file dapat dibuka dan diakses dengan menggunakan google drive, termasuk file adobe photoshop .psd, adobe ilustrator ai. dan tipe file lainnya.
6. Google drive memiliki fitur OCR atau Optical Character Recognition yang merupakan suatu fitur yang bisa mengenali kata atau ekspresi yang tersimpan dalam file yang discan dan disimpan dalam google drive. Misalnya saja jika kita ingin mencari nama seseorang yang ada pada sebuah lembaran koran yang discan dan disimpan dalam drive.





1. Integrasi Dengan Produk Lain
Fitur Integrasi ini menjadi bagian terpenting pada Google Drive. Pasalnya fitur ini terintegrasi dengan produk google lainnya seperti Google Doc, Google Shets, Atau Google Slide. File yang sudah anda simpan pada Google Drive bisa anda edit kembagi dengan menggunakan fitur ini  tanpa harus mendownload File Tersebut.
2. Kapasitas Penyimpanan
Dengan mengimplementasikan teknologi  berbasis cloud anda mendapat Kapasitas dari Layanan Google Drive ini sebesar 15GB untuk yang free license. Sedangkan untuk Google Drive Premium anda mendapat 30GB.
3. Sharing & Privasi Hak Akses
Kemudahan Google Drive selanjutnya adalah berbagi file. Dengan hanya menggunakan fitur sharing anda cukup memasukkan email partner anda pada isian form sharing, partner anda sudah mendapatkan file tersebut. Tidak hanya itu, anda juga bisa memberikan hak akses bagi orang lain, seperti hanya bisa view konten, atau bisa ikut mengedit data tersebut sehingga anda bisa berkerja team.

4.  Search File
Teknologi search yang dikembangkan untuk Google Drive sangat memanjakan penggunanya. Diantaranya adalah pencarian file berdasar jenis format file yang dicari, Pemilik file, tanggal modifikasi, dan lainnya. Google juga menambahkan fitur autocorrect pada search sehingga ketika kita salah ketik fitur ini memberikan saran.

5. Fitur Penerjemah Dokumen
Fitur penerjemah dokumen ini terhubung dengan Google Translate. Anda bisa memasukkan file dokumen anda kemudian membuka file tersebut di perangkat dokumen yang tersedia di Google Drive. Kemudian klik menu Tools, setelah itu anda pilih Translate Document dan memilih bahasa dokumen yang anda inginkan.
6. Convert Pdf to Text
Fitur yang juga jarang digunakan oleh pengguna Google Drive yaitu Fitur merubah file dengan format PDF menjadi Text. Untuk bisa menggunakan fitur ini anda bisa membuka file PDF anda di Google Drive, kemudian Download As Microsoft Word. Setelah file yang didownload berformat .docx anda bisa mengeditnya.
7. Revision History
Google Drive mempunyai fitur Revision History, fitur ini berfungsi untuk melihat history revisi yang telah anda edit. Revision History juga bisa melakukan restore dokumen sesuai tanggal modifikasi.
Layanan Google Drive menjadi salah satu paket G Suite yang ditawarkan Google. G Suite memberikan kapasitas penyimpanan sebesar 30GB. Tidak hanya itu saja,  Ada beberapa aplikasi utama lainnya yang siap digunakan untuk kolaborasi dengan Google Drive.

8.Akses luring
Tidak ada koneksi internet tidak berarti Anda harus kehilangan akses ke berkas-berkas Anda. Google Drive memiliki kemampuan untuk mempertahankan berkas-berkas tersebut di peranti Anda (komputer, ponsel atau tablet).
Google Drive dapat diakses baik dari peramban maupun dari aplikasi (komputer atau ponsel). Akses luring dari peramban terbatas pada berkas-berkas Google Docs, Sheets, Slides, dan Drawings. Untuk dapat mengakses berkas secara luring dari peramban, Anda harus menggunakan peramban Google Chrome dan memasang ekstensi Google Docs luring. Setelah itu, Anda akan tetap dapat mengakses dan menyunting berkas secara luring.

Aplikasi Google Drive di komputer memungkinkan kita tidak hanya untuk mengakses berkas aplikasi kantoran, tetapi juga berkas-berkas lain seperti musik atau foto. Anda bisa memilih untuk mensinkronkan semua berkas di Google Drive atau hanya sebagian.
Seperti aplikasi komputer, aplikasi ponsel Google Drive bisa mempertahankan semua jenis berkas. Namun tidak ada pilihan untuk menjaga agar semua berkas yang tersimpan di Google Drive tetap bisa diakses luring. Anda harus memilih berkas-berkas tertentu saja.
Versi terdahulu
Bila Anda menaruh berkas yang sedang Anda kerjakan langsung ke Google Drive, Anda bisa mengakses versi yang pernah Anda simpan. Pada aplikasi webnya ini bisa diakses dari menu klik kanan, dan memilih opsi Manage Version. Di sini akan diperlihatkan semua versi berkas dalam 30 hari terakhir.

Anda tidak akan menemukan menu Manage Version ini untuk berkas dalam format Google Docs. Tidak berarti Anda tidak bisa melihat versi terdahulunya, cuma mengaksesnya berbeda. Anda harus membukanya terlebih dahulu di dalam Google Docs/Sheets/Slides. Dari menu utama klik File-Version History lalu See Version History atau tekan Ctrl-Alt-Shift-H. Dari sini aplikasi Google Docs/Sheets/Slides akan menampilkan semua versi terdahulu dalam sebulan terakhir.

9.Aplikasi pihak ketiga
Berbagai aplikasi lain selain Google Docs/Sheets/Slides juga bisa memanfaatkan Google Drive. Aplikasi tambahan ini bisa Anda pasang dari aplikasi Google Drive (versi web), dari menu My Drive lalu More dan Connect More Apps. Anda bisa memasang aplikasi pengolah kata alternatif (seperti Zoho Writer), penyunting teks, pengolah grafik, penampil PDF, dan masih banyak yang lainnya.
Ada kalanya aplikasi ponsel atau desktop Anda juga menggunakan akses ke Google Drive, biasanya untuk menyimpan data atau backup. Sebagai contoh, WhatsApp menyediakan fitur backup ke Google Drive. Google Photos juga menyimpan datanya di layanan ini, meskipun kuota Google Photos tidak dihitung.
10.Berbagi berkas
Berbagi berkas bisa disebut salah satu penggunaan biasa dari Google Drive. Anda bisa berbagi berkas dengan berbagai cara. Bila Anda ingin berbagi dengan sesama pengguna Google, Anda bisa memasukkan alamat Gmailnya, dan dia akan diberi undangan (invitation) untuk melihat atau menyunting berkas. Izin akses bisa Anda tentukan sendiri.
Bagaimana bila Anda ingin berbagi ke orang yang tidak punya akun Google? Anda bisa berbagi tautan. Cara ini juga bisa dilakukan untuk berbagi berkas ke publik, atau tanpa harus mengetahui akun Googlenya terlebih dahulu.
Anda juga bisa menyisipkan berkas Google Drive ketika mengirim surel di Gmail. Ini merupakan cara lain untuk mengirim lampiran dengan ukuran melebihi kuota yang ditetapkan Gmail (20 MB).
11.Buat Pintasan File di Home Screen

Terkadang ada file-file penting. Kamu sering mengeditnya. Membuka Google Drive kemudian mengakses folder, kemudian mengklik file-nya. Begitu terus menerus. Tentu sangat memakan waktu.
Sebagai solusinya, kamu bisa membuat pintasan dari file yang sering kamu buka atau edit. Sehingga file tersebut bisa langsung dibuka dari home screen.
Caranya adalah dengan sentuh dan tahan pada file yang diinginkan, kemudian pilih opsi “Add to Home Screen”.


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Design © ZIDAN_TEKNIKIT29 - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Zidan Ihza -